Selasa, 20 November 2012

Cara Menyetel Menu Blog Di Blogger Agar SEO

 Menu Blog Blogger
Cara mengatur menu Setelan/Setting di Blogger,Menyetel Menu Blog Di Blogger merupakan salah satu unsur yang penting dan harus kita perhatikan dalam pembuatan blog .Dengan pengaturan menu setelan yang tepat ,hal ini akan membantu blog anda cepat terindek oleh mesin pencarian dan menguntungkan blog anda dalam unsur seo.Memang banyak sekali artikel yang telah membahas hal ini,namun dikarnakan banyaknya perubahan pada blogger serta adanya fitur baru seperti pada setelan Preferensi Penelusuran dan stelan postingan baca Seo on page , Optimasi Custom Permalink Untuk Seo Blogger , maka tidak ada salahnya jika kita membahas kembali tentang pengaturan menu settelan ini. Untuk mengikuti panduan ini, pastikan pilihan bahasa blog anda adalah Bahasa Indonesia agar sesuai dengan perintah di bawah .

Berikut adalah cara melakukan pengaturan pada menu Setelan di blogger :

1. login ke www.blogger.com dengan akun anda.

2. Klik pada nama blog yang ingin di atur.

3. Klik menu Setelan yang berada disebelah kiri monitor.


Setting Bloger Menu

4. Anda akan diarahkan ke menu setting ( setelan blog ) yang terdiri dari menu :

* Dasar, dengan sub menu Judul, Uraian, Privasi, Alamat Blog, Penulis Blog, dan Pembaca Blog

* Pos dan Komentar, dengan sub menu Tampilkan sebanyak mungkin, Templat Entri, Tampilkan gambar dengan Lightbox, dan Bagikan ke google +, Lokasi Komentar, Siapa yang dapat mengomentari, Moderasi Komentar, Tampilkan verifikasi kata, dll.

* Seluler dan email, dengan beberapa sub menu

* Bahasa dan pemformatan dan sub menunya, serta

* Lainnya

5. Setelan/Settingan menu setelan blog agar lebih SEO sesuai petunjuk di bawah ini :

Dasar


* Judul : Klik “Edit” jika anda ingin melakukan perubahan terhadap judul yang ada, buatlah judul yang menarik dan memuat kata-kata yang kita targetkan. Jumlah karakter yang disarankan sekitar 61 karakter. Sebuah judul blog jangan terlalu pendek atau terlalu panjang.atau biarkan saja jika judulnya sudah sesuai keinginan.
Untuk menghitung jumlah karakter kata Gunakan HTML Character Counter Tool

* Uraian : Klik “Edit”, kemudian isi dengan deskripsi blog yang ingin ditampilkan ,sebuah deskripsi sangat penting untuk SEO. Buatlah sebuah deskripsi yang menarik yang mengandung kata-kata yang kita targetkan agar kata-kata tersebut bagus pada search engine. Panjang karakter yang disarankan sekitar 160 karakter. sebaiknya ini diisi jangan dikosongkan, lanjutkan dengan klik tombol “Simpan perubahan”.

* Privasi : Sebaiknya biarkan sesuai pengaturan asli,Bila blog anda adalah sebuah blog biasa dan boleh di konsumsi oleh umum, maka atur agar bisa tercantum, lakukan edit apabila blog anda ingin di jadikan blog private (tertutup bagi umum) atur agar tidak tercantum..

* Alamat Blog : Biarkan apa adanya, kecuali bila anda ingin mengubah alamat blog dengan domain milik sendiri.

* Penulis Blog : Biarkan saja sesuai pengaturan awal atau jika anda ingin mengatur penulis blog (author). Sebuah blog dapat mempunyai satu atau juga lebih dari satu orang penulis. Untuk menambahkan penulis, klik tambahkan penulis, lalu tulis alamat email penulis lain yang ingin anda undang.

* Pembaca Blog : Biarkan saja apa adanya jika blog anda ingin bisa di baca oleh umum, lakukan edit bila blog anda ingin hanya bisa di baca oleh orang-orang tertentu yang anda pilih.

Post dan Komentar

^ Tampilkan sebanyak mungkin : ubah angkanya sesuai dengan jumlah posting yang ingin tampil di halaman depan / beranda / Home Page blog anda. Sebaiknya jangan terlalu banyak agar Home Page Blog tidak berat di load pengunjung. Jumlah sebaiknya antara 5 sampai 7 apabila blog anda menggunkan Fitur "Read More" atau "Baca Selengkapnya".

* Templat Entri : Kosongkan saja, kecuali anda menggunakan artikel "Style Koran"

* Tampilkan gambar dengan Lightbox : Boleh pilih “Ya” atau “Tidak”, ini tidak terlalu penting.

* Bagikan ke Google+ : Pilih “Ya” jika nanti setelah posting ingin bisa langsung dibagikan ke layanan Google+, pilih “Tidak” jika sebaliknya. Sebaiknya pilih "YA"
* Lokasi Komentar : Pilih “Tersemat”, agar kotak form komentar langsung berada di bawah setiap postingan.

* Siapa yang dapat mengomentari? : Silahkan pilih sesuai keinginan. Sebaiknya pilih "Semua Orang" agar siappun bisa memberi komentar.

* Moderasi Komentar : Pilih “Selalu” agar anda bisa memilih komentar yang ingin ditampilkan. Pilih “Tidak Pernah” agar apabila ada yang pengunjung yang memberi komentar, komentarnya akan langsung tampil di blog tanpa perlu di verifikasi. Sebaiknya pilih "Selalu" agar an bisa memilih komentar mana yang ingin anda tampilkan dan menghapus komentar SPAM.

* Tampilkan Verifikasi Kata : Pilih "YA" jika ingin menampilkan kode chaptca sebelum komentator mengirim komentarnya dan sebaliknya. Sebaiknya Pilih "YA" agar pengunjung lebih mudah memberi komentar, dengan catatan, pada sub menu moderasi komentar anda memilih "Selalu" atau dalam bahasa bugisnya "Always" setting blogspot, mengatur blog, pengaturan blog, pengaturan menu blogspot, cara atur blog, cara mengatur menu setting blogspot, melakukan pengaturan pada menu setting blogspot, cara mensetting blog, setelan blog, settingan blog yang baik, pengaturan blog yang baik dan benar .

* Tampilkan Tautan Balik : Pilih “Sembunyikan” bila anda tidak ingin menampilkan link siapa saja yang membuat tautan (link) ke postingan bersangkutan. Pilih “Tampilkan” bila anda ingin menampilkan tautan.

* Pesan Formulir Komentar : Silahkan di isi jika ingin anda pesan diatas kotak komentar nantinya, misalnya : "Tolong jangan memberikan komentar yang sopan admin".

Seluler dan Email

* Mempublikasikan entri menggunakan SMS/MMS : Silahkan di edit jika ingin menulis artikel melalui handphone. penjelasan lebih lanjut, klik tulisan "Pelajari lebih lanjut tentang perangkat seluler"

* Mempublikasikan entri menggunakan email : Fitur ini memungkinkan anda untuk menulis artikel melalui email. Sebaiknya pilih "Nonaktifkan"

* Email Pemberitahuan Komentar : Klik "Tambah" lalu masukkan alamat email anda pada kotak yang tersedia jika ingin menerima pemberitahuan komentar melalui email. Sebaiknya biarkan apa adanya ( default ) apabila anda telah memilih "Selalu" pada sub menu "Moderasi Komentar".

* Email Entri ke : Fasilitas ini akan mengirim artikel ke email yang ditentukan setiap ada artikel baru yang diterbitkan. Klik "Tambah" lalu masukkan alamat email yang ingin dikirimi artikel pada kotak.

Bahasa dan pemformatan

* Bahasa : Pilih “Indonesia” agar lebih familiar dengan anda.

* Aktifkan transliterasi : Ini adalah untuk mengaktifkan transliterasi pada saat melakukan posting. Contoh untuk transliterasi ke arab, hindi dan lain-lain. Bila anda tidak memerlukannya, pilih Dinonaktifkan.

* Zona Waktu : Pilih zona waktu sesuai dengan keinginan. Untuk wilayah Indonesia Barat, anda bisa memilih zona (GMT +7:00) Jakarta.

* Format Header Tanggal : Ini untuk mengatur tampilan tanggal, Pilih format tampilan tanggal sesuai keinginan.

* Format Timestamp : Ini untuk mengatur tampilan Timestamp ,Pilih sesuai keinginan.

* Format Stempel Waktu Komentar :Ini untuk mengatur tampilan Timestamp komentar, Pilih sesuai keinginan.

Preferensi Penelusuran

* Tag meta

* Uraian/deskripsi : Masukkan uraian tentang artikel yang ada di blog anda,(Baca langkah no 5 diatas tentang uraian).

* Pengalihan Khusus (redirect)

Untuk postingan yang telah usang ataupun mempunyai topik yang sama, anda dapat menghapusnya kemudian mengalihkan (redirect) ke artikel yang baru sehingga pengunjung tidak akan kehilangan isi blog anda.


* Perayap dan pengindeksan

robots.txt khsusus

Dulu, sangat tidak mungkin untuk membuat file robots.txt di blogger, namun kini kita dapat lebih mengontrol file mana saja yang boleh diakses Search engine dan mana saja yang tidak boleh di akses.

Tag header robot khusus

Untuk membuat beberapa aturan bagi search engine seperti noindex arsip dan sebagainya, kini tidak perlu memasang kode meta tag yang kadang menyulitkan, anda tinggal klik sesuai dengan keinginan.Tidak hanya berlaku untuk homepage, tag header bisa juga berlaku untuk setiap post.

Untuk lebih Lengkapnya anda bisa membacanya di Setelan Preferensi Penelusuran Untuk SEO Blogger .

Lainnya

* Alat Blog : Impor blog, fasilitas untuk mengimpor blog, dengan ini anda bisa memindahkan file dari blog lain. Ekspor Blog, fasilitas untuk mengekspor blog, jika anda bermaksud memindahkan isi blog ke blog yang lain. Fasilitas Ekspor blog berguna juga untuk sarana backup data, silahkan lakukan backup data secara rutin agar apabila suatu saat terjadi hal yang tidak di inginkan, anda masih punya data untuk di masukan ke blog baru. Hapus blog, fasilitas untuk menghapus blog, jangan pernah klik ini apabila blog anda tidak ingin terhapus.

* Bolehkan Umpan Blog : Silahkan pilih sesuai keinginan, terkadang ada baiknya anda memilih mode “Penuh” namun terkadang perlu juga untuk di setting ke pilihan lain.

* Posting URL Pengubahan Arah Feed : Untuk tahap awal, ini bisa di kosongkan dulu, kedepannya anda akan mengerti tentang pengalihan alamat feed ini.

* Footer Feed Posting : Boleh di isi boleh di kosongkan, ini kaitannya dengan Feed.
* Aktifkan Tautan Lampiran : Boleh di pilih “Ya” boleh “Tidak”.

* URL OpenID Anda : Biarkan apa adanya.

* Konten Dewasa? : pilih tidak bila isi blog anda bukan berisi konten khusus dewasa.

* ID Properti Web Analytics : ini diisi dengan ID google analytic, bila belum punya bisa di kosongkan saja.


Selesai selamat mencoba......


Posted by: Bambang PageBambang PageUpdated at : 09.03


Jika Anda Menyukai Artkel Seperti Di atas,Link back ke artikel ini dengan mengcopy salah satu kode di bawah ini

URL untuk Postingan:


HTML Link Code:

BB (forum) link code:



0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2011 Bambang's Page is proudly powered by blogger.com | Design by Bambang's Page | Find us on Google+

Postingan Baru

Komentar Baru

Postingan Acak